Featured
PertemuanIHdanWSA
23

Apr15

Pertemuan Pengurus Nasional dengan IH dan WSA

Pada hari Kamis, 26 Februari 2015, di Wisma Subud #29 diadakan pertemuan antara tim WSA, IH area 1,2 dan 3 dan Pengurus Nasional PPK SUBUD Indonesia 2015-2017. Mengingat Pengurus Nasional yang baru belum resmi terbentuk, maka diwakili oleh Bapak M. Ridwan (Ketua Umum), Bapak Suryadi Haryono (Zone Rep area 1 & 2), Bapak Erwin Hudoyono (PPN DKI Jakarta), Ibu Rukmini Djoyowidarbo (PPN DKI Jakarta) dan Bapak Djoyowidarbo (mantan IH).

Sementara WSA diwakili oleh Elias Dumit (Ketua WSA), Lucia Boehm (Wakil Ketua WSA), Ismanah Schulze-Vorberg (Ketua Pelaksana WSA), Anwar Ziesel (Wakil Ketua Pelaksana WSA), Salamah Dick LeClaire (Sekretaris WSA) dan Hilaria Dette (Bendahara WSA). Mereka didampingi beberapa IH area 2 dan 3 yang sudah datang di Jakarta, yaitu Dahliani Drejza, Sjarifah Roberts dan Sanderson Topham (IH area 2), Myriam Ramsey, Suzanne Renna, Mahmud Nestman, Sjarifuddin Harris dan Hoan Toan Phan (IH area 3). Marston Gregory (Ketua MSF) dan Sebastian Flynn (Ketua SICA) juga turut hadir.

Pertemuan berlangsung mulai pukul 15.00 dengan suasana hangat dan penuh persaudaraan. Para IH area 1 yang sore itu baru mendarat dari Yogyakarta pun tanpa lelah menyusul rekan-rekannya berkumpul mengikuti pertemuan ini. Mereka adalah Matthew Moir, Rosario Moir, Lewis Hayward, Nahum Harlap, Istigomah Jenkins dan Rashida Cooper.

Setelah perkenalan masing-masing tim, Bapak M. Ridwan mengawali pertemuan dengan menyebutkan program-program kepengurusan yang baru. Yaitu tetap mendukung tugas ke-Pembantu Pelatih-an, mendukung bidang kepemudaan, bidang publikasi dan enterprise yang mandiri serta sistem database berbasis web. Elias Dumit mewakili WSA mengapresiasi hal ini dan bahkan meminta bantuan kerjasama Indonesia agar dapat diterapkan di Subud Internasional. Sementara Ismanah Schulze-Vorberg yang berasal dari Jerman, mengutarakan harapannya agar Indonesia dapat turut berpartisipasi dalam Kongres Subud Dunia di Bonn 2018 mendatang. Apalagi mengingat Subud berasal dari Indonesia dan banyaknya anggota Subud di sini. Anwar Ziesel dan Hilaria Dette juga memuji pelaksanaan Kongres yang baru lalu yang dinilai mereka sangat baik.

Diskusi semakin menarik ketika membicarakan perkembangan Subud di masa mendatang, peranan Pembantu Pelatih, adanya penyalahgunaan kata kunci untuk mengaskes ceramah Bapak dan Ibu dalam website Subud Library dll. Sajian potongan buah segar dan aneka kue turut menemani obrolan sore itu. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 18.30. Acara terpaksa diakhiri mengingat para tamu masih memiliki acara lain malam itu. Meski demikian, sebagian besar masih betah duduk sambil melanjutkan obrolan yang terpotong. Akhirnya pukul 19.00, satu per satu tamu pergi meninggalkan ruang rapat.